Materi Informatika Kelas 7 Optimasi Penjadwalan | Mengisi Ember
Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang kita perlu mengatur jadwal untuk berbagai kegiatan. Misalnya, dari pukul 07.00 - pukul 12.00, kita sekolah. Setelah sekolah, ada beberapa kegiatan yang bisa kita ikuti mislanya mengerjakan PR, belajar musik, belajar memasak, bermain besama teman, dan lainnya.
Dengan demikian kita harus memilih kegiatan mana saja yang akan kita lakukan pada hari tertentu dan tentunya, kita perlu juga mengatur jadwal agar kegitan-kegiatan tersebut tidak bertabrakan waktunya.
Dalam mengatur kegiatan terkadang ditemukan ada dua atau lebih pekerjaan yang dapat dilakukan secara paralel. Mislanya, ketika kalian akan mengerjakan PR, ibu meminta kalian untuk mendidihkan air yang berada pada sebuah panci besar. Kalian dapat menyalakan kompor dan menaruh panci berisi air di atas kompor tersebut.
Tentunya kalian tidak perlu menunggu air sampai mendidih terlebih dahulu baru mulai mengerjakan PR. Kalian bisa mengerjakan PR selagi menunggu air tersebut mendidih.
Pada kesempatan kali ini kita akan memecahkan suatu masalah pekerjaan agar memakan waktu yang lebih singkat. Berikut adalah kasus soalnya yaitu Mengisi Ember.
Bobo diminta oleh ayahnya untuk mengisi penuh tiga buah ember dengan air. Di rumah bobo, hanya terdapat dua pancuran airyang dapat digunakan untuk mengisi ember-ember tersebut. untuk memenuhi satu ember dengan air, diperlukan waktu satu jam. Pengisian air pada setiap ember dapat dibagi menjadi beberapa tahap.Tantangan.
Berapakah waktu tersingkat yang diperlukan oleh bobo untuk mengisi penuh ketiga ember tersebut?
Jawab kalian adlah: ... jam ... menit.
Di sini kita akan menyelesaikan permasalahan pekerjaan yang akan dilakukan oleh Bobo, simak baik-baik penjelasan penyelesaian kasus pekerjaan di atas berikut ini.
Penjelasan
Proses pengisian ember terbagi menjadi tiga tahap yang masing-masing tahap terdiri atas tiga puluh menit. Berikut adalah gambaran proses pengisian ember.
Post a Comment for "Materi Informatika Kelas 7 Optimasi Penjadwalan | Mengisi Ember"
Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>